2/24/2005

Panduan Kontes Anjing Kintamani

PANDUAN KONTES DAN PAMERANANJING KINTAMANI/BALITAHUN 2003
I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Pulau Bali dengan luas sekitan 563.268 Km2, dihuni oleh penduduk sekitar 3 juta lebih, juga memiliki keindahan alam dan budaya yang khas. Kondisi pulau Bali yang demikian itu sangat menarik minat para wisatawan baik dari dalam Negeri maupun dari manca Negara untuk berkunjung ke Bali. Disamping itu pulau Bali juga memiliki kekayaan alam yang lain berupa plasma nutfah, salah satu diantaranya adalah Anjing Kintamani
Seperti halnya anjing pada umumnya, anjing Kintamani merupakan binatang yang biasa hidup berdampingan dengan kehidupan manusia baik di pedesaan maupun di diperkotaan.
Masyarakat Bali boleh berbangga hati karena telah memiliki anjing lokal asal pegunungan di Daerah Kintamani Kabupaten Bangli yang telah populer namanya yaitu Anjing Kintamani Keberadaan Anjing Kintamani sekarang telah tersebar luas di beberapa wilayah Kabupaten dan Kota di Bali, bahkan sudah banyak diperdagangkan keluar Bali maupun keluar Negeri. Beberapa pihak yang pedu!i tenhadap anjing Kintamani ini telah berjuang untuk menjadikan anjing Kintamani sebagai Anjing Ras Indonesia, karena dinilai berpeluang untuk dijadikan sebagai anjing ras di Indonesia.
Dalam rangka mengupayakan anjing Kintamani menjadi anjing Ras Indonesia bukanlah pekenjaan yang mudah, melalui proses yang panjang, diperlukan dukungan dana yang besar, serta upaya-upaya bersama yang terencana, serius, berkelanjutan dari berbagai pihak baik Pemerintah maupun Non Pemerintah (dan pihak swasta/perorangan /para cendikiawan/ ilmuwan).
Berbagai upaya telah dilakukan dalam upaya tersebut, salah satu diantaranya berupa” Kontes dan Pamenan Anjing Kintamani” . Kontes dan Pameran Anjing Kintamani telah diselenggarakan beberapa kali hampir setiap tahun dan telah menunjukkan hasil yang cukup membanggakan. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat untuk memelihara anjing Kintamani semakin meningkat dari tahun ke tahun. Disamping juga anjing Kintamani seolah- olah telah menjadi sebuah maskot wilayah , sehingga mempunyai nilai tinggi baik sebagai komoditas perdagangan maupun sebagai tanda mata/hadiah.
Untuk Pelaksanaan Kontes dan Pameran Anjing Kintamani tahun 2003 diprakarsai oleh Dinas Peternakan Propinsi Bali yalig dipadukan dengan program kegiatan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Indonesia ke 167.
Seperti dimaklumi bersama bahwa dalam tahun 2003 ini berdasarkan pertimbangan para sesepuh, para pakar, organisasi profesi, asosiasi dan perusahaan di bidang Peternakan serta kesepakatan Jajaran Direktorat Jenderal Bina Produksi Peternakan Pada tanggal 19 Maret 2003 telah menetapkan bahwa tanggal 26 Agustus 2003 sebagai Hari Lahir Peternakan dan Kesehata Hewan Indonesia, selanjutnya ditetapkan bahwa tanggal 26 Agustus 2003 s/d 26 September 2003 sebagai Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Indonesia serta ditetapkan bahwa tahun 2003 sebagai Tahun Kebanqkitan Peternakan dan Kesehatan Hewan Indonesia.
Dalam Pelaksanaan Kontes dan Pameran Anjing Kintamani tahun 2003 ini Dinas Peternakan Propinsi Bali menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah lainnya ( Unsur Perguruan Tinggi, BPPV, Balai Karantina Hewan) dan pihak Non Pemerintah ( Unsur organisasi Profesi/PDHI, Pantrab Bali. Perorangan dan lain-lain). Yang selanjutnya dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Peternakan Propinsi Bali Nomor : 188.5./5918.a/K.Wan Disnak, Tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kontes Anjing Kintamani Bali Tahun 2003, tertanggal 25 Juli 2003.
1.2. Maksud dan Tujuan
1.2.1. Maksud : turut serta berpartisipasi aktif dalam mengisi kegiatan bulan bhakti Peternakan dan Kesehatan hewan Indonesia dalam rangka memperingati Hari Lahir Peternakan dan Kesehatan Hewan Indonesia yang ke 1/167 ( sejak tanggal 26 Agustus1836).
1.2.2. Tujuan : Adapun tujuan yang dicapai dalam penyelenggaraan Kontes dan Pameran Anjing Kintamani tahun 2003 ini antara lain
Mendorong usaha-usaha pemuliabiakan Anjing Kintamani menjadi Anjing Ras Indonesia.
Meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Anjing Kintamani tidak saja sebagai hewan kesayangan, demikian juga sebagai hewan penjaga, hewan pelacak tindak kejahatan, hewan pelacak bom/narkoba dan lain ketrampilan yang mampu dilakukan oleh anjing.
Mengupayakan Anjing Kintamani sebagai salah satu komoditi ekspor di masa mendatang.
Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang tata laksana pemeliharaan Anjing Kintamani.
Mempertahankan Daerah Bali sebagai Daerah Bebas Penyakit Rabies dan Penyakit Menular Lainnya.
Mempertahankan Daerah Bali sebagai Daerah Tujuan Wisata.
Menjadikan Kontes dan Pameran Anjing Kintamani sebagai satu atraksi wisata melengkapi atraksi wisata yang ada.
Sebagai ajang/wadah komunikasi pihak yang peduli terhadap Anjing Kintamani baik Pemerintah dan Non Pemerintah dalam rangka menjadikan Anjing Kintamani sebagai Anjing Ras Indonesia.
1.3. Tema
1.3.1. Tema Sentral: “BANGKITNYA PETERNAKAN DAN KESEHATAN HIEWAN INDONESIA UNTUK MENDUKUNG TERWUJUDNYA MASYARAKAT INDONESIA YANG SEHAT, PRODUKTIF DAN KREATIF MELALUI PETERNAKAN TANGGUH BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL'.
1.3.2. Sub Tema: “KONTES DAN PAMERAN ANJING KINTAMANI TAHUN 2003 DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI LAHIR PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN KE 1/167 SERTA TAHUN KEBANGKITAN PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN”.
II. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kontes dan Pameran Anjing Kintamani tahun 2003 diselenggarakan pada tanggal 21 September 2003, Hari Minggu, di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Renon, Denpasar (sebelah Barat Laut Monumen Perjuangan Rakyat Bali) pukul : 08.00 s/d 14.00 Wita.
III. Pendaftaran Peserta
Pendaftaran peserta diadakan mulai tanggal 1 Agustus 2003 s/d 15 September 2003 bertempat di:
Kantor Dinas Peternakan Propinsi Bali, Jl. Angsoka No. 14 Denpasar, Telp. 0361-2241 84, Fax. 225368, HP 0816573177, HP 0817246002.
Kantor Dinas yang menangani Bidang Peternakan Kabupaten/Kota seluruh Bali.
Fakultas Kedokteran Hewan - Universitas Udayana. Ji. Goris, Sanglah, Denpasar - Bali.
Dokter Hewan Praktek / Klinik Hewan Se- Bali.
IV. Kategori Kontes Anjing Kintamani
Katagori Kontes tahun 2003 adalah Anjing Kintamani yang berwarna PUTIH dan BERWARNA (hitam, coklat dan warna lainnya), yang dengan kriteria :
1. Warna Putih:
a Jantan Dewasab. Betina dewasac. Anakan.
2. Bulu Berwarna:
a. Jantan Dewasab. Betina Dewasac. Anakan
3. Door Price untuk anjing cantik dan pintar.
V. Piala, Hadiah dan Sertifikat
Anjing Kintamani yang berhasil meraih kejuaraan ditetapkan hadiah sebagal berikut:
Juara I: Piala, sertifikat dan uang Rp. 300.000, -
Juara II: Piala, sertifikat dan uang Rp. 250.000, -
Juara III: Piala, sertifikat dan uang Rp. 150.000,-
VI. Juri
Tim Juri terdiri dari:
Tim Juri Bidang Kesehatan.
Tim Juri Bidang Kinologi dan Performance.
Penilaian dilakukan oleh Tim Juri, yang berasal dari Unsur PERKIN. FKH UNUD, PDHI Cabang Bali.
VII. Sumber Dana
Dokumen Anggaran Satuan Kegiatan Propinsi Bali Tahun 2003, tanggal 29 Januari 2003.
Usaha-usaha yang syah.
Dari para dermawan/sponsor.