4/17/2004

Pemberian Makanan Bagi Anak Anjing

Kebutuhan gizi bagi anak anjing berbeda dengan anjing dewasa. Anjing anakan biasanya lebih membutuhkan makanan dengan kandungan vitamin A, D, E dan K yang lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan. Makanan yang diberikan harus selalu dalam kondisi segar. Pada anak anjing berumur 2-4 bulan perlu diberikan susu khusus anjing empat kali sehari. Susu khusus dalam bentuk bubuk banyak dijual di gerai pet shop di kota-kota besar.

Susu sapi dapat diberikan kepada anak anjing tetapi harus dikentalkan dulu hingga dua kali atau ditambahkan suplemen lemak. Hal itu disebabkan susu khusus anjing mempunyai kandungan lemak sekitar 7 persen, sementara di dalam susu sapi hanya terkandung lemak 3,5 persen saja. Setiap anak anjing memberikan reaksi yang berbeda bila diberikan susu sapi. Bagi yang alergi terhadap lemak susu sapi biasanya akan menunjukkan gejala diare. Namun, gejala tersebut hanya berlangsung sementara waktu saja.

Selain susu, kuning telur dapat dicampurkan pula pada susu sebagai sumber protein hewani. Ada baiknya anak anjing diberikan makanan buatan sendiri berupa campuran daging, sayuran dan bahan makanan lain. Makanan disajikan dalam bentuk halus (dengan menggunakan blender) dan dicampurkan secara merata agar anak anjing tidak dapat memiih makanan yang disukainya. Sebaiknya, makanan dimasak terlebih dahulu agar parasit pengganggu (bakteria, protozoa, cacing dan lain-lain) dapat dimatikan.


Apabila dibeli dalam bentuk makanan jadi berupa pellet, sebaiknya dilunakkan dahulu dengan dicelupkan beberapa saat dalam susu atau air minumnya. Makanan tersebut telah disusun dengan nutrisi seimbang, tetapi hanya berlaku bagi anak anjing di bawah usia 12 bulan. Jenis makanan untuk anjing remaja (1-6 tahun) dan anjing dewasa (lebth dan 6 tahun) berbeda lagi jenis dan komposisi gizinya.
Bila anak anjing sudah berumur di atas 4 bulan perlu diberikan biskuit keras (hard biscuit) dan tulang-tulangan (beef bones, leather bones dan nylon bones). Kegunaannya untuk melatih gusi dan gigi anjing agar lebih kuat mengunyah. Disamping pemberian air minum yang selalu dalam kondisi bersih, jangan dilupakan. (Suara Pembaruan, Sabtu, 17 April 2004).