9/06/2007

Dobermann

Dobermann, Trah Unik Hasil Rekayasa Manusia

Kisah tentang Dobermann berawal kurang lebih seratus tahun yang lalu di Apolda, Thuringia, Jerman. Seorang penjaga malam dan penangkap anjing liar bernama Louis Dobermann (1/2/1834 - 6/9/1894) ingin memiliki seekor anjing sahabat yang berani untuk menemaninya bekerja sehari-hari. Dia memerlukan seekor anjing berukuran sedang yang berpenampilan cakep dan gesit namun kuat dan berani, serta patuh dan setia pada tuannya.

Dia mempelajari dan mencari beberapa trah anjing namun tidak kunjung menemukan apa yang diinginkannya. Akhirnya dia memutuskan untuk mengembangkan sendiri jenis anjing yang sesuai keinginannya itu dengan menyilangkan beberapa trah anjing yang berbeda-beda, yang masing-masing memiliki ciri-ciri yang diinginkan. Gambaran ini muncul pada sosok Graf Belling vom Grönland, Dobermann pertama yang terdaftar di National Dobermann Stud Book. Dia lahir pada tanggal 13 Juni 1898 dan masih menunjukkan ciri-ciri beberapa trah yang digunakan untuk membuatnya.

Sepeninggal Louis Dobermann, masyarakat Jerman menamakan trah anjing tersebut Dobermann Pinscher untuk mengenangnya. Namun setengah abad kemudian kata ’pinscher’ dihilangkan dengan pertimbangan bahwa kata dalam bahasa Jerman yang berarti ‘terrier’ tersebut tidak tepat untuk digunakan. Masyarakat Inggris mengikutinya beberapa tahun kemudian. Miniature Pinscher bukanlah miniature Dobermann dan keduanya tidak saling berhubungan.

Meskipun tidak terdapat catatan pada pembiakan awalnya, beberapa kajian terhadap latar belakang Dobermann menyimpulkan adanya beberapa trah yang terlibat sebagai berikut :

  1. Rottweiler. Pada versi awal, trah ini kemungkinan digunakan untuk mendapatkan kekuatan, keberanian dan ketangguhan.
  2. Black & Tan Terrier. Saat ini dikenal sebagai Manchester Terrier dan German Pinscher. Trah ini kemungkinan digunakan untuk mendapatkan ketangkasan, kegesitan serta dorongan yang tinggi untuk mengejar buruannya.
  3. Weimaraner dan beberapa anjing pemburu lainnya digunakan untuk memperoleh daya tahan, ketabahan dan insting yang superior.
  4. Greyhound. Mungkin digunakan untuk mendapatkan penampilan yang anggun, langsing dan berkecepatan tinggi

    Pada tahun 1899, para penggemar Dobermann membentuk klub trah Dobermann pertama yang kemudian dikenal sebagai DV (Dobermann Verein = Dobermann Club). Klub ini mengembangkan standar trah resmi yang pertama sebagai panduan bagi para pembiak dan penggemar untuk mengetahui bagaimana bentuk penampilan dan perilaku/sifat Dobermann yang benar.

Perkembangan trah Dobermann berlangsung demikian cepatnya sehingga pada tahun 1930-an sosok dan karakternya telah terbentuk seperti yang kita lihat sekarang ini.

Tidak seperti trah anjing lainnya yang berevolusi abad demi abad mengikuti kehendak alam, Dobermann merupakan contoh unik yang menggambarkan ketekunan dan prestasi manusia dalam pemuliabiakan anjing. (Poerwadi Waspodo)