9/05/2007

Golden Retriever

Standar

Golden Retriever, Sahabat Keluarga yang Serbaguna
(Poerwadi Waspodo)

Golden Retriever pertama kali dikembangkan oleh seorang bangsawan Inggris pada pertengahan tahun 1800-an yang bernama Lord Tweedmouth (d/h Sir Dudley Majoribanks). Sejarah pengembangannya diawali dengan keinginan Lord Tweedmouth untuk memiliki anjing trah murni berwarna kuning yang akan digunakannya untuk mengambil (retrieve) burung hasil buruan.

Usahanya dimulai pada tahun 1865 ketika dia mengunjungi the Earl of Chichester, seorang pembiak anjing. Lord Tweedmouth membeli seekor anak anjing yang memiliki bulu berombak berwarna kuning anakan anjing jenis Black Retrievers. Anjing ini diberi nama Nous, dan kelak akan menjadi fondasi bagi pengembangan trah Golden Retriever.

Pada tahun 1867, Lord Tweedmouth diberi seekor anjing Tweed Water Spaniel betina yang bernama Belle. Setahun kemudian, Belle melahirkan 4 anak anjing betina berwarna kuning, hasil perkawinannya dengan Nous. Salah satu anak anjing ini diberi nama Cowslip (nama bunga liar di Inggris) yang pada tahun 1873 melahirkan Topsy, hasil perkawinannya dengan seekor Water Spaniel yang lain.

Pada tahun 1876 Cowslip dikawinkan lagi dengan seekor anjing Red Setter dan melahirkan Jack. Kemudian Topsy dikawinkan dengan seekor Black Retriever yang berbulu berombak bernama Sambo dan menghasilkan anak yang bernama Zoe. Zoe dikawinkan inbred dengan Jack menghasilkan Gill and Nous II

Gill kemudian dikawinkan dengan seekor Black Retriever bernama Tracer dan melahirkan Quennie pada tahun 1882. Pada tahun 1889 Quennie dikawinkan inbred dengan Nous II menghasilkan Prim and Rose. Dengan demikian Prim and Rose adalah 47% Setter, 35% Lesser St.Johns Newsfoundland, 12% Springer Spaniel dan 6% Water Spaniel Dog.
Keinginan Lord Tweedmouth untuk memiliki anjing yang cantik, cerdas dan ramah baru terwujud kira-kira seperempat abad kemudian!

Pada tahun 1903, trah ini terdaftar di Klub Kennel Inggris sebagai anjing "Flat Coats -- Golden". Pada tahun 1904, uji lapangan trah ini dilakukan untuk pertama kalinya dan di antara para peserta ujian (conformation) terdapat Culham Brass and Culham Copper. Pada tahun 1911, mereka diakui sebagai trah tersendiri dan disebut dengan "Yellow or Golden Retrievers,". Pada tahun 1920 kata ‘Yelow’ dihilangkan sehingga nama trah ini menjadi Golden Retriever.
Sejak itu, popularitas anjing ini terus berkembang ke seluruh penjuru dunia. Para pembiak berhasil mempertahankan instink sportnya (karya-guna) dan di sisi lain berhasil mengembangkan kecantikannya sehingga berprestasi dalam ajang pameran. Kemampuannya yang luar biasa dalam mengikuti pelatihan (extremely trainable) dikombinasikan dengan temperamennya yang kalem, menjadikan Golden Retriever sebagai anjing yang sangat mudah patuh dan memiliki catatan yang istimewa sebagai penuntun orang buta. Dilaporkan bahwa dalam kelas-kelas pelatihan anjing penuntun orang buta, Golden Retriever memiliki angka kegagalan paling sedikit dibandingkan dengan trah lainnya.

Dari sisi warna, pada awalnya golden retriever memiliki range antara emas sedang (medium gold), emas gelap (dark gold) sampai ke emas tembaga (copper gold). Popularitas Golden Retriever yang semakin meningkat di arena pameran (showring) memunculkan warna-warna yang lebih muda/terang, seperti sering kita lihat sekarang. Saat ini warna Golden Retriever memiliki range dari krem (cream) ke emas gelap (dark gold) dengan warna-warna muda/terang cenderung lebih disukai dibandingkan dengan warna-warna gelap aslinya.
Saat ini Golden Retriever amat dikenal karena kecantikannya. Mereka adalah anjing dengan ekspresi yang ramah, bermata warna gelap yang cantik, dan ekor yang berkibas-kibas mengungkapkan kegembiraannya.

Golden Retriever juga dikenal karena temperamennya. Golden Retriever yang dibiakkan secara baik akan memiliki sifat ramah, lembut, baik, loyal, gembira, percaya diri dan ekspresif. Tidak malas dan juga sebaliknya tidak hiper aktif, menjadikannya mudah beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan rumah-tangga. Di sisi lain, dibalik keramahan dan kelembutannya, Golden Retriever juga tampil istimewa sebagai anjing karya-guna. Golden Retriever akan berjuang untuk membahagiakan pemiliknya setelah dilatih dan mengetahui keinginan pemiliknya. Anda akan terpukau dengan keinginan, semangat dan usahanya untuk selalu menyenangkan Anda. Penting untuk dicatat, tiga anjing pertama yang lulus ujian karya guna di Amerika (AKC-American Kennel Club) adalah Golden Retriever. (Poerwadi Waspodo)