1/24/2005

Standar Golden Retriever - GRCI (6)

STANDAR GOLDEN RETRIEVER MENURUT GRCI
(GOLDEN RETRIEVER CLUB INDONESIA)
-6-

Gaya Berjalan yang Salah
  1. Berjalan dengan pendek. Langkahnya yang pendek akan sangat aktif dan sibuk sehingga membutuhkan banyak langkah untuk berjalan. Tindakannya kaku dan dibuat-buat sehingga tidak bisa santai dan berjalan dengan lancar.
  2. Gaya berjalan seperti kuda. Leher pendek, bahu tegak, tidak cocok dengan bagian belakang yang kuat pada saat melangkah. Rantai anjing yang terlalu kencang sehingga kepala anjing naik juga mempunyai akibat yang sama. Ekor yang ke atas juga suatu kesalahan.
  3. Melangkah. Cara ini sering dilakukan oleb anjing yang lelah atau yang kondisinya tidak baik. Cara berjalan ini yang paling mudah karena tidak membutuhkan banya usaha. Dalam melangkah kaki kanan depan dan belakang, dan kaki kiri depan dan belakang bergerak berpasangan sehingga kecil kemungkinannya kaki depan dan kaki belakang saling mengganggu karena waktu melangkah yang tidak tepat. Bagian belakang melengkung, bisa disebabkan karena kelelahan ataupun tegang.

Kaki

  1. Kaki depan yang bagus. Tapak kaki yang tebal untuk kekuatan, kuku pendek dan kuat, jari melengkung dengan baik dan menyatu untuk daya tahan dan kekuatan. Pasterns yang sedikit menurun memungkinkan untuk melompat dan menyerap getaran. Berukuran sedang. Kaki yang kecil menunjukkan keadaan yang tidak baik dan mempunyai daerah dukungan yang kecil. Begitu pula dengan kaki yang terlalu besar karena melebar keluar ataupun karena tulang yang kasar dan kaku.
  2. Kaki yang terbuka, melebar, tapak kaki yang tipis, pasterns yang lemah. Kaki seperti ini memberi banyak getaran sehingga Iebih mudah terIuka daripada kaki yang rapat.
  3. Kaki anjing Terrier. Sangat rapat, dengan pastern yang vertikal, sehingga tidak dapat menyerap getaran tetapi menyalurkannya ke bagian kaki yang lebih tinggi.
    Kaki Terrier yang mempunyai benjolan di pastern. Bukan merupakan kaki yang kuat karena setiap getaran akan memaksa lutut lebih maju dan mempertahankan keseimbangan.

Bulu

Bulu anjing Golden Retriever melindunginya dan dingin dan basah. Bulu bagian bawah sangat lembut, tebal dan halus menempel di badan sepanjang 1 — 1,5 inchi dari badan berfungsi sebagai jaket anti air. Bulu bagian luar tidak terlalu halus maupun terlalu kasar. Bulu yang baik akan cukup berminyak (sehingga air akan mudah turun) dan kuat (sehingga tidak mudah kusut). Tekstur bulu bawah yang tebal dan berminyak mencegah air ke kulit.

Bulu yang terlalu panjang yang dapat mengganggu fungsi anjing Golden sebagai anjing lapangan dan air tidak disukai.

Bulu yang kusut di tapak kaki dapat dipotong untuk menampakkan bentuk kaki yang natural. Selain untuk itu, sebaiknya sesedikit mungkin dilakukan pengguntingan bulu agar penampilan yang alami tetap terjaga.

Menghilangkan bulu hidung diperbolehkan untuk tujuan pameran, tetapi sebaiknya tidak dilakukan karena bulu tersebut berfungsi sebagai sensor perasa yang sangat penting tenitama bagi anjing lapangan.

  1. Bulu yang lurus, panjangnya sedang, mempunyai potongan yang rapi. Kadang-kadang terlalu lembut sehingga mudah dirawat, mudah dibersihkan dan baik untuk bekerja di lapangan. Bulunya harus sangat tebal, kuat dan lentur, serta memiliki bulu bawah yang tebal pula.
  2. Bulu berombak juga dapat diterima seperti halnya dengan bulu lurus. Yang paling utama adalah bulu harus menempel di tubuh, tekstur, panjang, dan bulu bagian bawahnya. Bulu bagian atas yang agak berombak paralel dengan permukaan tubuh, membentuk potongan yang rapi. Bulu yang berhenti (break) di bagian bahu dan pinggul merupakan hal yang normal sehingga tidak perlu dipinalti. Bulu berombak yang digambarkan di atas biasanya mempunyai tekstur yang bagus, anti air, mempunyai bulu bawah yang baik, dan mudah untuk dirawat.
  3. Bulu yang terlalu lembut, halus, dan lurus tidak disukai karena tidak anti air, mudah kusam dan kusut dan bulu bagian bawah yang sedikit. Bulunya terlalu panjang sehingga mengaburkan bentuk tubuhnya dan merusak keseimbangan yang merupakan penampilan fungsional yang harus dimiliki oleh anjing Golden. Walaupun terlihat indah di arena, tapi ini bukan bulu anjing Golden Retriever yang baik karena terlalu mirip dengan anjing Spaniel atau Setter.